Bagaimana Membantu Istri yang Susah Tidur Karena Tugas Rumah Tangga Terlalu Berat

Artikel Penting » Bagaimana Membantu Istri yang Susah Tidur Karena Tugas Rumah Tangga Terlalu Berat

Masalah Kesehatan Bisa Membuat Istri Susah Tidur, Ini Solusinya,- Masalah susah tidur biasanya dihadapi oleh seorang istri. Hal ini bisa menjadi hal yang tidak baik untuk kesehatannya. Namun, bisa saja susah tidur disebabkan masalah kesehatan lhoh.

 

Insomnia, ya masalah kesehatan ini sering menjadi penyebab kenapa istri susah untuk tidur. Ciri insomnia ini adalah ketika tidur selalu dini hari, karena sulit terlelap ketika waktu tidur yang ideal (jam 9-10 malam).

 

Biasanya seorang istri yang mengalami insomnia, akan bangun dalam keadaan lelah dan mood yang buruk. Akibatnya aktivitas di siang hari akan terganggu. Daripada menggunakan obat tidur untuk mengatasi insomnia, lebih baik Anda lakukan hal sederhana berikut.

 

Hal Sederhana Untuk Atasi Istri Susah Tidur

 

1. Memeluk Sang Istri dan Memberi Ketenangan

 

Memeluk istri ketika akan tidur dapat membantunya untuk segera terlelap. Biasanya rasa nyaman akan membuat seseorang lebih cepat mengantuk dan tertidur. Oleh karena itu, buatlah istri merasa nyaman dengan memeluknya dan berikan ketenangan, misalnya bercerita akan tempat-tempat yang indah.

 

Cerita-cerita romantis yang pernah kalian lalui bersama dapat membawa pikiran istri lebih tenang dan senang. Hindari hal hal yang membuat istri mengingat rasa sedih, sakit atau stress ya. Karena pikiran tersebut justru membuatnya susah untuk tertidur.

 

2. Berhitung dengan Nomor yang Berkelipatan Banyak

 

Jika Anda adalah istri yang ditinggal suami keluar kota karena kerja, dan sedang mengalami susah tidur, Anda bisa mencoba berhitung sebelum tidur. Tujuan latihan ini adalah untuk melelahkan pikiran Anda.

 

Memang pada awalnya akan membuat Anda melek karena terus-menerus berpikir keras. Anda bisa mencoba hingga hitungan ke 200 atau beberapa angka yang menantang Anda. Ulangi jika masih belum mengantuk. Dengan berhitung seperti ini, akan mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang membosankan dan membuat stress.

 

3. Tulis Hal Hal yang Akan dilakukan Esok Hari

 

Sebelum tidur buatlah daftar pekerjaan yang akan Anda lakukan keesokan harinya. Sobeklah kertas menjadi dua. Pada sobekan yang pertama buatlah daftar pekerjaan penting dan sobekan kedua buatlah daftar pekerjaan mendesak.

 

Kenapa hal ini dapat membantu Anda ketika susah tidur? Tak jarang susah tidur terjadi karena Anda memikirkan hal hal yang akan Anda lakukan pada esok hari. Dengan menuliskannya dalam kertas membuat Anda lebih siap menghadapi hari esok tanpa perlu memikirkannya disaat mencoba tidur.

 

4. Memperbaiki Pola Tidur

 

Jika istri Anda memiliki pola tidur yang tidak sehat, sebagai suami Anda bisa membantunya untuk lebih bisa mengatur pola tidurnya. Pada awalnya memang mudah untuk tidur pada jam ideal, tetapi mempertahankan polanya adalah hal yang sulit.

 

Anda dapat ‘memaksanya’ mempertahankan pola tidur yang sehat. Hindari pula minuman berkafein pada malam hari. Selain itu, berolahraga setiap hari juga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, sehingga pola tidur lebih baik.

 

Terlalu banyak tidur ketika siang hari juga akan membuat sang istri lebih susah tidur pada malam hari. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan batasan tidur ketika siang hari kepada istri.

 

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi susah tidur yang disebabkan insomnia ringan hingga sedang. Apabila istri sangat susah tidur karena insomnia akut hingga kronis, lebih baik segera hubungi dokter.

 

Biasanya dokter akan memberikan pengobatan pertama pada kondisi yang menyebabkan istri mengalami insomnia. Jika masih berlanjut, dokter akan menyarankan terapi perilaku berupa pendekatan yang mengurangi hal-hal pem-perburuk insomnia.

 

 

5. Menggunakan terapi Alternatif

Selain menggunakan cara yang telah Saya sebutkan. Anda bisa membantu istri Anda agar bisa memasuki kondisi relaksasi yang baik. Ketika istri Anda dalam kondisi relaksasi, maka pikiran pun akan memberi sinyal pada fisik Anda untuk bisa istirahat dengan nyaman. Banyak sekali terapi alternative yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan teknik terapi tenaga dalam.