Meditasi yang Tepat Untuk Mengatasi Stress dan Penyakit Akibat Pikiran Negatif

Artikel Penting » Meditasi yang Tepat Untuk Mengatasi Stress dan Penyakit Akibat Pikiran Negatif

Memiliki masalah hidup adalah hal yang wajar karena semua orang pasti mengalami itu. Tapi, tidak sedikit orang yang mudah stress ketika tertimpa masalah dan tekanan yang masih dalam tingkat wajar.

Namun, kita tidak bisa menganggap nya masalah yang mudah sebab setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

 

Pernahkah Anda mengalami stress berlebih ketika mendapat tekanan atau masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau yang lainnya? Jika iya, berhati-hatilah karena stress yang berlebihan akan membuat Anda lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Bahkan tak sedikit orang yang terserang penyakit kronis seperti jantung atau tekanan darah tinggi hanya karena mengalami stress berlebih.

 

 

Sebenarnya, Apa Sih yang Dimaksud Meditasi?

 

Meditasi adalah latihan untuk memfokuskan pikiran sehingga memiliki pandangan yang jernih terhadap kondisi saat ini dan perasaan tenang. Pada umumnya, meditasi dilakukan dengan duduk tenang dengan mengatur pernapasan selama 15-20 menit.

 

Manfaat meditasi pun bermacam-macam. Selain bisa mengurangi stress, meditasi dapat membantu mengatasi gangguan mental maupun fisik seperti kecanduan, depresi, rasa nyeri dan tekanan darah tinggi. Dengan meditasi secara rutin, seseorang dapat mudah meningkatkan kesadaran diri, menambah fokus serta mengurangi emosi negatif.

 

Untuk mengatasi stress dan penyakit yang timbul, Anda bisa melakukan beberapa macam meditasi berikut ini. Yang paling penting dari meditasi adalah fokus dan niat kuat untuk melakukannya. Semua jenis meditasi memiliki tujuan yang sama yakni untuk mencapai kedamaian dan ketenangan diri.

 

 

1. Meditasi Konsentrasi

 

Jenis meditasi ini melatih Anda untuk fokus pada satu suara, bayangan, tarikan napas, atau kata-kata yang diucapkan oleh seseorang. Meditasi ini menuntut Anda untuk fokus pada satu hal tertentu saja, tidak perlu memikirkan hal hal yang tidak menjadi fokus dalam latihan ini.

 

- Memfokuskan pikiran dengan membebaskannya dari segala hal yang mengganggu adalah kunci utama. Hilangkan semua hal yang menjadi sumber kekhawatiran dan stress. Setelah terbebas, kemudian pikiran difokuskan pada hal spesifik seperti gerakan nafas, kata-kata, ucapan, bunyi atau bayangan tertentu dalam pikiran.

 

- Setelah pikiran fokus, selanjutnya adalah bernapas secara perlahan-lahan dengan menggunakan otot diafragma yang melebarkan paru-paru. Pernapasan yang perlahan dan lambat ini dapat membuat oksigen lebih banyak masuk ke paru-paru. Dengan begitu, Anda akan lebih rileks dan tenang.

 

- Duduk di tempat yang tenang juga menjadi elemen mendasar ketika Anda ingin melakukan meditasi konsentrasi. Anda dapat melakukan meditasi di tempat-tempat yang tenang dan terbebas dari berbagai hal yang mengganggu seperti dering telepon, suara TV, maupun bunyi kendaraan.

 

2. Meditasi Kesadaran

 

Meditasi kesadaran ini dilakukan supaya Anda sadar akan perasaan, pikiran, suara atau bayangan yang melintas pada pikiran. Kunci dari meditasi kesadaran adalah kepekaan terhadap suatu hal yang melintas pada pikiran.

 

Untuk bisa melakukan meditasi kesadaran, Anda harus terbiasa dulu melakukan meditasi konsentrasi. Setelah itu lakukan meditasi kesadaran diberbagai tempat, tidak harus duduk, tapi bisa berjalan di tempat umum, trotoar, taman, mall dan lain sebagainya.

 

Inti dari latihan meditasi kesadaran adalah melatih fokus dan kepekaan terhadap satu hal, misal langkah kaki atau musik yang Anda dengarkan melalui headset. Selain itu, sadari apa yang Anda rasakan pada anggota tubuh ketika berjalan atau melakukan aktivitas seperti biasanya.

 

Manfaat utama meditasi yaitu agar pikiran rileks , terhindar dari Stres, dan Terhindar Penyakit akibat pikiran yang negatif.

 

Jika Anda mampu mengurangi dan menghindari stres dengan cara meditasi, Anda sama saja mengurangi resiko penyakit yang disebabkan oleh stres. Lakukan meditasi diatas secara rutin, supaya mental Anda semakin kuat dan tidak mudah stres hanya karena masalah kecil.

Pada tahap tertentu, meditasi juga menjadi jembatan seseorang melakukan proses pemindahan raga/ Atau dalam kata lain, melakukan meraga sukma.