Apa Itu Tenaga Dalam?

Artikel Penting » Apa Itu Tenaga Dalam?

Tenaga Dalam adalah energi alami yang terpancar dari dalam tubuh setiap makhluk ciptaan Tuhan. Istilah Tenaga dalam mengacu pada penggunaan energi alam semesta yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Semisal, ditujukan untuk penyembuhan fisik, penyembuhan psikologis, perlindungan diri, membangkitkan pesona (daya tarik alami), dan bermacam manfaat lainnya sesuai kebutuhan orang yang menggunakannya.

 

Disebut sebagai tenaga dalam, karena proses untuk mewujudkannya melibatkan seluruh bagian yang ada di dalam diri manusia. Mulai bagian fisik, hingga bagian lainnya yang berada jauh di dalam tubuh fisik yaitu bagian dimensi jiwa (ruh) dan dimensi pikiran (psikologis). Itulah mengapa tidak banyak yang benar-benar menguasai teknik mengolah tenaga dalam. Sebab kemampuan olah tenaga dalam bukan sekedar olah tubuh semata. Tetapi lebih kepada keseimbangan olah fisik, olah pikiran, dan olah jiwa (ruh).

 

Tenaga dalam dibedakan dengan tenaga fisik. Meski keduanya saling melengkapi satu sama lain, namun perantara sumber energinya berbeda. Tenaga fisik atau juga disebut tenaga luar. Merupakan wujud dari kekuatan manusia yang bisa diukur secara fisik. Sebagai contoh, orang disebut memiliki tenaga fisik yang kuat bila mampu mengangkat beban tertentu. Jadi ukuran tenaga fisik adalah kekuatan otot tubuh atau seberapa kuat fisik manusia ketika mendapatkan beban.

 

Sumber energi tenaga fisik ada pada asupan makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, bisa diperjelas bahwa tenaga luar (fisik) terbatas pada daya tampung tubuh terhadap makanan atau minuman sebagai sumber energinya. Demikian, daya dan kekuatan yang dihasilkan energi fisik pun terbatas pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

 

Berbeda dengan tenaga dalam. Sumber energi tenaga dalam tidak terbatas di alam semesta. Bahkan energi tenaga dalam pun bisa diproses untuk berbagai macam kebutuhan manusia. Jika diolah dengan benar energi alamiah tenaga dalam bisa diwujudkan sebagai sarana penyembuhan, perawatan wajah (kecantikan/ketampanan), dan perlindungan diri.

 

Sama halnya dengan energi listrik. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Bila diterapkan pada kulkas bisa untuk mendinginkan dan mengawetkan makanan. Bila digunakan pada kipas, bisa untuk menghasilkan angin. Bila dipakai pada sound system bisa untuk menghasilkan suara. Dan masih banyak lagi lainnya.

 

 

Tenaga Dalam dan Tenaga Fisik Saling Melengkapi

Baik tenaga dalam maupun tenaga fisik, keduanya saling melengkapi. Tidak ada tenaga dalam yang kuat tanpa ditopang tenaga fisik yang kuat pula. Begitu pula sebaliknya, tenaga fisik yang kuat bisa bersumber dari tenaga dalam yang sama kuat. Tak salah bila banyak perguruan tenaga dalam menyandingkan olah fisik dengan tenaga dalam, semisal menggabungkan antara beladiri dengan tenaga dalam.

 

Pada hakikatnya, tenaga dalam adalah energi kehidupan. Sedangkan energi kehidupan erat kaitannya dengan olah pernafasan. Manusia bisa bertahan hidup lebih dari 1 hari tanpa makan dan tanpa minum. Tetapi manusia tidak akan bisa bertahan 1 jam saja tanpa bernafas. Bukan hanya bagi penguasaan ilmu tenaga dalam saja, pernafasan adalah hal vital yang dibutuhkan setiap makhluk.

 

Secara fisik pernafasan diartikan sebagai proses menghirup udara (oksigen) ke dalam tubuh dan menghembuskan udara (karbondioksida) ke luar tubuh. Sebaliknya, secara nonfisik pernafasan merupakan proses menyerap energi kehidupan (bio-energi) yang ada di alam semesta. Kemudian didistribusikan (disalurkan) ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh, pikiran, dan jiwa tetap bisa hidup.

Dalam olah tenaga dalam, pernafasan tidak hanya untuk menghimpun energi alam semesta. Tetapi juga untuk mengolah dan mentransfer energi tersebut, agar mempunyai daya yang bisa dimanfaatkan sebagaimana kebutuhan manusia.

 

 

Tenaga Dalam Untuk Memahami Kekuasaan Tuhan

Dengan mendalami Olah Tenaga Dalam dengan baik, manusia bisa memahami betapa Maha Besar kekuasaan Tuhan. Bahwa di balik alam semesta yang begitu luas ini, apa yang kita tangkap dengan panca indra kita hanya bagian kecil dari Kuasa-Nya. Masih ada hal besar lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan, bila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

Melalui Tenaga Dalam pula manusia bisa belajar betapa manusia begitu kecil di hadapan Tuhan. Manusia tidak berdaya sama sekali tanpa udara (oksigen) yang dimanfaatkannya agar tetap bertahan hidup. Padahal setiap tarikan nafas, bisa didapatkan secara gratis. Ini mengajarkan betapa Maha Baik Tuhan Sang Pencipta Alam.

GRATIS!!! eBook "Cara Dahsyat Memaksimalkan Tenaga Dalam untuk Penyembuhan Penyakit Ringan"


Dapatkan Ebook Gratis

*Silahkan cek Email Anda untuk mendapatkan link download Gratis eBook Penyembuhan Tenaga Dalam*